Tutup Giling Tebu 2020, Pabrik Gula Blora (PT GMM) serahkan Bantuan Ternak Sapi untuk Petani Tebu

PT Gendhis Multi Manis (Pabrik Gula Blora) telah resmi menutup Giling Tebu Tahun 2020 pada hari Selasa kemarin (22/9). PT GMM telah melaksanakan kegiatan Operasional Giling Tebu selama 140 hari dengan Rendemen rata-rata 7,29 %

Sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi kepada Petani Tebu, pada hari Rabu (23/9) bertempat di Halaman Tipper Pabrik, PT GMM menyerahkan Bantuan Ternak Sapi kepada Petani Tebu dengan 2 kategori yaitu Petani Mandiri dan Petani Anggota KPTR dengan menyetor tebu terbanyak.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Operasional PT GMM, Ihsan mengungkapakan bahwa kegiataan ini merupakan wujud rasa syukur dikarenakan Musim Giling Tebu PT GMM  Tahun 2020 ini dapat terlaksana dengan baik dan juga wujud apresiasi kepada Petani Tebu.

“Ini kan bentuk rasa syukur dan terima kasih PT GMM, karena Petani sudah mau loyal kepada PT GMM. Sudah  sewajarnya  Petani Tebu agar semangat lagi, agar nanti petani tebu yang lain dapat mengikuti. “ ujar Ihsan.

“Tahun ini merupakan Tahun pertama kita memberikan penghargaan kepada Petani, tadinya kita mau memberikan Motor tapi setelah saya mengamati perkembangan di sekitaran Blora, saya melihat banyak sekali Sapi, saya berharap dengan pemberian Sapi ini, Blora dapat surplus daging. Salah satu alasan kenapa kita memberikan bantuan berupa Sapi, karena selama ini pucuk tebu menjadi komoditi yang dibuang. Jadi harapan kita dengan memberikan sapi, Petani  agar dapat  juga memelihara sapi, mereka bisa memanfaatkan pucuk tebu,  cane top itu dapat dimanfaatkan, karena selama ini dibuang, ada juga campuran bagaase bisa dia beli dengan pabrik, ada molases dia boleh beli juga ke Pabrik. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mendukung daerah Kabupaten Blora dalam rangka swa sembada Daging Sapi” Ihsan menambahkan.

Penyerahan Bantuan Ternak Sapi tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Operasional didampingi Jajaran Pejabat Struktural PT GMM kepada Suhadi selaku kategori Petani Mandiri dan Mudho yang merupakan Anggota KPTR Manteb sebagai Petani Pengirim Tebu Terbanyak Musim Giling 2020 PT GMM.

Mudho mengungkapakan Kegiatan PT GMM seperti ini bagus sekali dapat memotivasi rekan-rekan petani yang lain agar lebih mengembangkan Tanaman Tebu.

“Semoga ini sebagai awal pemicu Petani supaya memperluas lahan, ini sebagai penghargaan  kedepannya berlomba untuk menanam tebu dan meyetorkan ke PT GMM.” ungkap Suhadi.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Tanaman PT GMM, Suyudhi menjelaskan bahwa jumlah Tebu yang disetorkan Petani Mandiri terbanyak adalah sejumlah 23.400 ton atau sekitar 340 hektar, sedangkan dari Petani anggota KPTR Manteb sejumlah  3.600 ton hampir 60 hektar. Suyudhi juga menambahkan “ Ini langkah awal untuk mengembangkan Petani menanam Tebu karena di Blora ini kekurangan bahan baku, baru 3.800 hektar, kita terus kembangkan dengan terus memotivasi Petani, salah satunya dengan cara seperti ini . Harapan nanti lahan di Blora dapat mencapai .6000 Hektar.”

Direktur Operasional PT GMM, Ihsan mengungkapan “kegiatan seperti ini semoga dapat berlanjut tahun depan tidak hanya 1 Petani Penyangga dan 1 Petani anggota KPTR, namun bisa berlanjut untuk Juara 1, 2 dan 3. Tahun depan kita lebih matang lagi perencanaannya” tutup Ihsan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *